Cloud Computing Microsoft OneDrive

Kelompok 8:
Apriani Kartika Rahayu C1C015077
Sasqia Vidiya Nabila C1C015096
Agustin Pratiwi Ayu Putri C1C015099

Rusaknya data yang bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti kena virus, crush, atau ada kesalahan hardware komputer yang menyebabkan user harus menginstall ulang dan menyebabkan data hilang. Belum lagi apabila piringan hardisk rusak dan diminta untuk beli hardisk baru yang harganya tidaklah murah sangat merugikan para user.
Untuk mengurangi resiko-resiko tersebut para peneliti menghadirkan cloud computing dimana sistem ini akan menghemat biaya akan pembelian akan infrastruktur, hardisk, dll. karena user hanya dikenakan biaya yang penyedia layanan tawarkan sesuai dengan paket yang dipilih oleh pengguna. Kita akan membahas salah satu cloud computing yang disediakan oleh Microsoft yaitu OneDrive.

  1. Pengertian Umum
Cloud computing adalah suatu penyimpanan permanen data online di server internet tertentu dan tersimpan sementara di komputer pengguna (IEEE). Komputasi awan ini menggabungkan teknologi komputer (komputasi) dan teknologi pengembangan berbasis internet (awan) yang disajikan dalam bentuk layanan. Cloud ini yaitu suatu konsep umum yanng menyangkut  SaaS, Web 2.0, dan  tren teknologi lainnya guna memberikan kebutuhan komputasi pengguna.

B.  Karakteristik Cloud Computing
Terdapat 5 karakteristik Cloud Computing menurut NIST ( National Institute of Standards and Tecnology ) :
  1. On-Demand Self-Services
Merupakan sebuah layanan cloud computing yang harus dapat dimanfaatkan oleh para pengguna melalui beberapa mekanisme swalayan dan dapat langsung tersedia pada saat dibutuhkan oleh para pengguna.
  1. Broad Network Access
Merupakan sebuah layanan cloud computing harus bisa diakses dari kapan saja, dimana saja, dengan software apa pun, yang terpenting kita terhubung ke jaringan internet. misal : Handphone, tablet.
  1. Resource Pooling
Merupakan sebuah layanan cloud computing yang harus tersedia secara terpusat dan bisa membagi sumber daya secara cepat dan efisien.
  1. Rapid Elasticity
Merupakan sebuah layanan cloud computing yang harus dapat menaikan dan menurunkan kapasitas sesuai dengan kebutuhan server dan pengguna.
  1. Measured Service
Merupakan sebuah layanan cloud computing yang harus disediakan secara terukur dan teratur, karena ini akan dilakukan dalam proses pembayaran.

C. Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Cloud
Kelebihan cloud computing:
  1. Menghemat biaya dan ruang infrastruktur pembelian sumber daya komputer;
  2. Bisa mengakses file dimana saja dan kapan saja;
  3. Bisa menghemat waktu pada perusahaan sehingga bisa langsung fokus pada perkembangan infrastruktur;
  4. Dapat dengan mudah di monitoring dari satu server;
  5. Operasional dan manajemen lebih mudah dan sederhana;
  6. Menghemat biaya operasional pada sistem informasi yang dibangun;
  7. Kolaborasi yang terpercaya.
Kekurangan cloud computing:
  1. Komputer akan menjadi lemot atau lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali bila internet putus;
  2. Komputer akan menjadi lambat kinerjanya jika koneksi internet kita juga lambat;
  3. Komputer akan menjadi sangat lambat karena diakses oleh banyak pengguna sehingga server akan menerima banyak sekali permintaan;
  4. Jika tidak mempunyai backup yang handal maka hal terburuk ini akan timbul karena semua data berada di satu server pada cloud computing.

D. Pengenalan Cloud Computing Microsoft:OneDrive
OneDrive adalah layanan komputasi awan serupa dengan Dropbox dan Google Drive yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui peramban Web atau perangkat tertentu. Layanan ini dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows Live dan memungkinkan pengguna menyimpan berkas berkasnya secara pribadi, membagikannya dengan orang-orang dalam kontak, atau menjadikan berkas-berkas bersifat umum. Berkas-berkas yang dibagikan untuk umum tidak memerlukan akun Microsoft untuk mengaksesnya.
Microsoft menghadirkan OneDrive yang dirilis hampir bersamaan saat Google memperkenalkan GDrive. Meniru fitur seperti Dropbox, yaitu Desktop Sync Clients, OneDrive juga menghadirkan fitur editor via web untuk file-file dokumen (Word, Excel, PowerPoint dan OneNote).
Microsoft OneDrive tidak hanya dikembangkan di dalam platform Windows dan Windows Mobile saja tetapi juga mendukung platform OS X dan iOS. Jika komputer sudah memiliki Windows 8.1 atau Windows RT 8.1, aplikasi desktop OneDrive sudah ada sebagai bawaan. Sebuah pengaturan diinstal yang memungkinkan Anda menggunakan Office untuk mengerjakan dokumen OneDrive dengan orang lain pada saat yang sama, tetapi tidak ada fitur lain yang terinstal. Sedangkan untuk Windows 7 dan yang lebih lama pengguna masih harus menginstal sendiri aplikasinya.
Untuk mengunggah file ke OneDrive secara otomatis, cukup salin atau pindahkan file tersebut ke folder OneDrive Anda menggunakan File Explorer, atau simpan di dalam folder OneDrive dari sebuah program. Jika aplikasi OneDrive di instal di komputer lain, file juga akan otomatis ditambahkan ke folder OneDrive di komputer itu. File Explorer dapat digunakan untuk mengganti nama dan menghapus file, membuat folder baru, dan memindah-mindahkan file di folder OneDrive. Perubahan akan otomatis akan diterapkan di OneDrive dan komputer lain yang memiliki instalasi aplikasi OneDrive.
Layanan penyimpanan Microsoft OneDrive kini mengizinkan pengguna untuk menghubungkan seluruh folder satu pengguna dengan pengguna lain dan menambahkan sistem notifikasi terbaru untuk membantu proses pengiriman file. Kini bagi pengguna personal dan bisnis bisa menggunakan tombol “Add to my OneDrive” di layanan web untuk menambahkan folder yang dibagikan langsung dari OneDrive. Dengan pembaharuan ini, pengguna aplikasi mobile OneDrive di iOS, Android dan ponsel Windows kini dapat menerima notifikasi terkait siapa saja yang tengah menyunting file yang mereka bagikan selayaknya document di Google Drive.
Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa Microsoft juga mengirimkan pengguna OneDrive rangkuman harian mengenai pembaharuan file yang mereka bagikan. Pengguna dapat melihat ulasan secara ringkas terkait para pengguna yang menyunting file yang berbeda, maka mereka bisa melihat hal-hal janggal di dokumen mereka.
Microsoft juga menambahkan kapabilitas pencarian OneDrive untuk pengguna dengan dokumen yang telah dibagikan maka orang-orang dapat mencari file yang telah dibagikan dengan mereka berdasarkan konten dari dokumen seperti PDF dan file yang dibuat di Office. Video Sharing yang lebih baik, jika pengguna lain ingin mengakses suatu video secara otomatis OneDrive akan mendeteksi kecepatan internet dan menyesuaikannya dengan kualitas video yang ada. Hasil foto yang dimiliki pengguna akan otomatis terunggah ke OneDrive selama pengguna telah mengaktifkan akun dan memiliki koneksi internet. Aplikasi OneDrive menyediakan banyak fitur tambahan untuk pengguna Windows Phone antara lain menampilkan folder OneDrive di start screen, tampilan thumbnail yang baru, dan yang lainnya.

E. Sejarah Microsoft OneDrive
OneDrive pertama kali diluncurkan oleh Microsoft pada tanggal 1 Agustus 2007 dengan nama Windows Life Folder SkyDrive sebagai cloud computing pertama yang diciptakan oleh pihak Microsoft. Pada awal peluncurannya pengguna SkyDrive hanya terbatas di Amerika Serikat saja, baru kemudian memasuki tahun 2008 Microsoft mulai memperluas jangkauan pengguananya di lebih dari 62 negara. Bahkan ditahun yang sama pula, Microsoft mulai memperbesar kapasitas penyimpanannya yang semula 5 GB menjadi 25 GB untuk kenyamanan para penggunanya.
Pada pertengahan tahun 2010, Microsoft melakukan pembaruan pada SkyDrive dengan memberi kemampuan tambahan agar dapat beroprasi pada aplikasi OfficeMobile (sekarang dikenal sebagai Office Online). Selain memberikan kemampuan tambahan, Microsoft juga memberikan fasilitas tambahan di dalam SkyDrive, antara lain fungsi Live Toolbar. Di tahun ini juga Microsoft melakukan beberapa perbaikan pada Office Life Workspace.
Pada tahun 2011, Microsoft kembali melakukan perubahan pada SkyDrive dan mulai merilis aplikasi SkyDrive yang dirancang khusus untuk untuk iOS dan Windows Phone. Selain iOS dan Windows Phone, pihak Microsoft juga merilis SkyDrive untuk Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan MacOS.
Tahun 2014,  Microsoft kembali melakukan pembaruan dan perbaikan pada SkyDrive yang ada pada Windows dan iOS. Selain itu, pembaruan tidak dilakukan pada aplikasi SkyDrive saja, juga pada website SkyDrive.com yaitu dengan memberi desain web yang lebih modern dan mudah digunakan. Tidak hanya pada desain saja, Microsoft melakukan perbaikan pada layanan SkyDrive.
Pada tahun 2013, Microsoft mendapat gugatan dari perusahaan British Sky Boardcasting Group (BSkyB) yang merupakan perusahaan telekomunikasi yang ada di Britania Raya. Tuntutan ini diakibatkan karena penamaan Sky pada produk SkyDrive. BSkyB memberi tenggang waktu kepada pihak Microsoft untuk melakukan pergantian nama SkyDrive. Akhirnya pada Januari 2014 Microsoft mengganti nama SkyDrive menjadi OneDrive. Microsoft kembali memulai semuanya dari awal, seperti pembuatan web baru Microsoft OneDrive dan melakukan promosi-promosi melalui dunia maya.
Memasuki tahun 2016, Microsoft mengurangi penyimpanan free (gratis) OneDrive dari 15 GB menjadi 5 GB dan menambahkan penyimpanan OneDrive berbayar. Berikut adalah perubahan layanan OneDrive yang digunakan hingga saat ini:
  1. Free: Kapasitas penyimpanan 5 GB, tidak berbayar.
  2. OneDrive Basic: Kapasitas penyimpanan sebesar 50 GB per bulan dengan harga $ 1.99 dollar per bulan.
  3. OneDrive Small Bussines: Kapasitas penyimpanan sebesar 1 TB per bulan dengan harga $ 6.99 per bulan; dengan Office 365 Personal dan pemberian akses kepada satu pengguna.
  4. OneDrive large Bussines: Kapasitas penyimpanan sebesar 1 TB, dengan harga $9.99 perbulan; dengan Office 365 Personal dan pemberian akses kepada lima pengguna secara bersamaan, memiliki fasilitas tambahan seperti Reporting Tools,  Powerful Auditing, dan fasilitas lainnya.
Ide ini sempat membuat kontroversi bagi para penggunanya hingga dimunculkannya sebuah petisi terhadap Microsoft. Namun, Microsoft tetap melakukan perubahan tersebut dan berlaku hingga saat ini.

F. Kelebihan dan Kekurangan Microsoft OneDrive
OneDrive memiliki beberapa kelebihan bagi penggunanya, antara lain adalah kapasitas penyimpanan free sebesar 5 GB yang dapat membuat penggunanya menyimpan file ataupun gambar tanpa perlu khawatir kapasitas penyimpanan yang tidak cukup. Selain itu, apabila penyimpanan sebesar 5 GB dianggap tidak cukup, Microsoft menawarkan penambahan kapasitas secara berbayar hingga 1 TB. Kelebihan lainnya adalah OneDrive sangat mudah dioperasikan. Desainnya yang simpel dan tidak rumit mempermudah pengguna memakainya. Selain itu, OneDrive dapat digunakan di setiap device seperti Windows, Android, MacOS, iOS, dan XBox One.
Selain kelebihan, OneDrive juga memiliki kekurangan, antara lain sering terjadi error jika panjang path document lebih dari 256 karakter. Selain itu, upload file OneDrive memerlukan waktu yang lama (sekitar 15 menit) dan terkadang terjadi error saat melakukan upload file. Hal ini dapat mengakibatkan pengguna merasa tidak nyaman saat menggunakan aplikasi OneDrive. Ada baiknya, Microsoft melakukan perbaikan pada OneDrive untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna setia OneDrive.

G. OneDrive vs GoogleDrive vs Dropbox
  • Kapasitas Gratis Bagi individu
Dopbox dasar menyediakan penyimpanan 2 GB, dan Dropbox Pro menawarkan 1 TB (1.000 GB) itu. Untuk tim, Penyimpanan tidak terbatas, yang berarti Anda dapat menikmati ruang penyimpanan sebanyak yang diperlukan. Google Drive dimulai penggunanya dengan 15 GB dari penyimpanan online gratis Google, sehingga mereka dapat meng-upload foto, video, dokumen – apa pun untuk penyimpanan cloud. Jika Anda mengambil Google Drive untuk bekerja, Anda akan mendapatkan penyimpanan tidak terbatas. OneDrive pengguna perorangan, Microsoft memberi mereka 15 GB gratis penyimpanan. Jika Anda OneDrive untuk bisnis, Anda dapat memiliki 1 TB ruang per orang untuk sebagai sedikit sebagai $5.00/bulan.
Jika kita merasa kapasitas gratis tersebut tidak cukup maka kita bisa membeli kuota tambahan. Kuota tambahan terkecil yang tersedia untuk OneDrive adalah 20 GB kemudian ada juga yang 50 GB dan seterusnya. Sementara Google Drive layanan terkecil yang tersedia hanya 100 GB tidak ada paket dibawah 100 GB. DropBox layanan berbayar yang terkecil adalah 1 TB.
  • Kecepatan dan Kemudahan Sinkronisasi
Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih layanan Cloud Storage adalah kecepatan dan kemudahan sinkronisasi. Untuk hal ini Google Drive dan DropBox unggul jauh atas OneDrive. Dropbox unggul karena bisa dengan mudah dalam pemindahan folder Dropbox di komputer kita dan kecepatan internet yang digunakan adalah maksimal kecepatan internet kita. Tak jauh beda dengan Dropbox, Google Drive juga bisa memanfaatkan kecepatan internet kita secara maksimal. Dan yang paling mengecewakan adalah OneDrive yang gagal dalam mengoptimalkan kecepatan internet kita.
  • Kompatibel platform
Dropbox pengguna dapat men-download dan menginstal Dropbox ke Windows, Mac OS, Linux, iOS, Android, dan BlackBerry. Google Drive: Google Drive tersedia di Windows, Mac OS, iOS dan Android. Sedangkan OneDrive mendukung Windows, Mac OS, iOS, Android dan Windows telepon.
  • Jenis file yang didukung
Dropbox mendukung file Microsoft Office, Apple iWork, audio, video dan gambar. Google Drive mendukung kebanyakan jenis file yang umum digunakan, seperti audio, video, file gambar, Adobe Illustrator & Photoshop, Autodesk AutoCad, Scalable Vector Graphics dan banyak lagi. OneDrive,pengguna dapat melihat dan mengedit kebanyakan jenis file Microsoft Office pada OneDrive. File lain seperti audio, video, dan gambar juga didukung.
  • Keamanan
Dropbox website membutuhkan verifikasi 2 langkah. Bagi pengguna ponsel, Anda dapat mengatur 4 digit kode sehingga orang tidak dapat mengakses data pribadi Anda. Mirip dengan Dropbox, Google Drive juga memerlukan verifikasi 2 langka. OneDrive akan mengirimkan kode keamanan ke alamat email sekunder ketika Anda mencoba untuk mengedit info kontak Anda atau menghubungkan komputer Anda untuk akses jarak jauh.

Referensi:

  1. http://skydriveteam.spaces.live.com (diakses kembali dengan Internet Archive: WayBack Machine pada tanggal 11 Juni 2017)
  2. https://cloudstorageadvice.com/what-is-onedrive/
  3. http://skydriveteam.spaces.live.com/blog/cns!977F793E846B3C96!23398.entry (diakses kembali dengan Internet Archive: WayBack Machine pada tanggal 11 Juni 2017)
  4. http://id.recover-android.tips/dropbox-onedrive-googledrive.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Fraud

Chapter 6: Fraud Prevention (Pencegahan Tindak Kecurangan)

Chapter 10: Fraud and the Accounting Information System (Tindak Kecurangan dan Sistem Informasi Akuntansi)